Rabu, 14 September 2011

Tentang Argamakmur Bengkulu Utara

====Asal-usul Nama=====
'''Bengkulu''' berasal dari [[bahasa Melayu]]-[[Jawi]] kata ''bang'' yang berarti "pesisir" dan ''kulon'' yang berarti "barat", kemudian terjadi pegeseran pengucapan ''bang'' berubah menjadi ''beng'' dan ''kulon'' menjadi ''kulu''.

Pada saat Inggris berada di Bengkulu terjadi peristiwa gempa bumi besar yang diiringi Tsunami yang membuat wilayah geografis Bengkulu berubah. Hal itu terjadi pada sekitar  tahun 1700-1800. Kejadian itu sampai membuat Benteng Malbourough selama beberapa tahun dikosongkan.

Arga Makmur adalah sebuah kecamatan sekaligus pusat pemerintahan (ibukota) Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, Indonesia.
Kecamatan Arga Makmur sebagaian besar adalah merupakan daerah Eks Transmigrasi Tahun 1965 s/d 1975 dan mengalami perkembangan pesat setelah menjadi Ibu Kota Kabupaten Bengkulu Utara pada Tahun 1976 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1976 tentang Pemindahan Ibu Kota Kabupaten Daerah Tingkat II Bengkulu Utara. Luas Kecamatan Arga Makmur adalah 48,54 Km2 yang terdiri dari 24 Desa dan 3 (tiga) kelurahan, terletak antara 1010 32’ BT dan 2o15 LS. Kondisi geografisnya sebagian besar merupakan dataran tinggi dengan ketinggian 541 m dpl dan topografinya berbukit - bukit, suhu udara 24 - 28oC

Peta Kecamatan Arga Makmur
Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara berbatasan dengan :
  1. Sebelah Utara dengan Kecamatan Padang Jaya
  2. Sebelah Selatan dengan Kecamatan Air Besi.
  3. Sebelah Timur dengan Kecamatan Kerkap.
  4. Sebelah Barat dengan Kecamatan Lais .
Gambaran Umum Demografi.
Kecamatan Arga Makmur merupakan kecamatan terpadat di Kabupaten Bengkulu Utara dengan tingkat kepadatan penduduk 524.KM2. Rata-rata jumlah anggota keluarga di Wilayah ini adalah 3,65 jiwa per keluarga. Dengan komposisi penduduk menurut kelompok umur adalah anak-anak (0-19 Tahun) sebanyak 45,41 %, usia produktif (20 – 59) sebanyak 49,92 % dan penduduk usia Lanjut (diatas 60 tahun) sebanyak 4,65 %.
Sebagian besar mata pencaharian penduduk Kecamatan Arga Makmur adalah Petani, PNS, dan pedagang. Pasar-pasar di Kecamatan Arga Makmur merupakan pasar pekan (hari pasaran 1 minggu sekali) dan pasar yang terbesar adalah Pasar Purwodadi. Pasar ini disamping menyediakan kebutuhan untuk masyarakat di Kecamatan Arga Makmur dan kecamatan sekitarnya juga menjadi tujuan masyarakat Kabupaten Lebong dalam memenuhi kebutuhannya.
Penduduk di Kecamatan Arga Makmur adalah sebagian besar dari Suku Jawa (35%), Rejang (32%), Minang 15%, dan sisanya dari suku Bali, Lembak, Batak, Pekal dan Sunda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar